KERATON KERAJAAN BANJARNYA DIMANA?

info asikbelajar | Kalau kita mempelajari sejarah tentang kejayaan sebuah bangsa maka tidaklah lepas dari susunan pemerintahan pada saat itu yang tentunya masih bersifat monarki atau kerajaan. Sampai hari ini masih ada negara yang berbentuk kerajaan dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang Raja, Ratu, Kaisar atau Sultan. Contohnya ialah Berunai Darussalam, Saudi Arabia, Inggris, Jepang dan lain lain. Rumah kediaman raja berupa sebuah istana atau beberapa buah istana yang dibangun dengan begitu megahnya. Istana istana raja tempo dulu masih banyak terdapat diseluruh penjuru dunia dan terawat begitu baik. Begitu pula dengan Indonesia. Sampai sekarang seperti di pulau Jawa terdapat Keraton Jogja, keraton Solo, keraton Kuningan bahkan masih didiami oleh Sultan ataupun Raja penerus walau hanya sebagai simbol adat budaya masa lalu kita yang begitu tinggi. Pun terdapat situs situs istana raja masa lalu seperti Majapahit, Demak, Banten dan sebagainya.

Ternyata di Kalimantan hanya Kalimantan Selatan saja yang masih belum ada keratonnya padahal propinsi tetangga kita Kalimantan Tengah yaitu dikota Pangkalan Bun terdapat sebuah istana Raja bekas peninggalan Kerajaan Kota Waringin. Menjelang tahun 1980 an keraton ini pernah musnah terbakar habis tetapi karena kepedulian pemerintah daerah begitu kuat hanya dalam waktu dua tahun saja istana ini berdiri kembali.
Kalimantan Selatan banyak mempunyai situs sejarah seperti candi Amandit (peninggalan kerajaan Banjar masa Hindu), makam Sultan Suriansyah serta Mesjid Sultan yang terdapat di Kuin dikota Banjarmasin. Tetapi situs “keraton” nya mana? Bahkan bekas lokasinyapun kita tidak pernah tahu. Juga keraton Kerajaan Banjar yang ada dikota Martapura dimana adanya? Pertanyaan ini tiada pernah terjawab oleh saya sejak belajar ilmu sejarah dibangku SD tahun 1964 sampai sekarang. Ternyata istana itu memang pernah ada yaitu di Martapura sudah musnah oleh keganasan penjajah Belanda semasa perang Banjar meletus tahun 1859 tetapi ada pula tulisan yang menjelaskan kalau hangusnya  keraton Martapura pada tahun 1920 an. Mana yang benar? Ah, tidak penting tetapi yang sangat diharapkan oleh “generasi muda”  ialah sebuah keraton baik yang ada di Martapura maupun disungai Kuin itu dibangun kembali oleh Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan bergandengan tangan dengan Pemko Banjarmasin dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar supaya masa pasang surut dan jatuh bangunnya Kerajaan Banjar masih dapat dielus, dirasakan dan dilihat oleh generasi muda kita. 

Banjarmasin, 17 Mei 2005 oleh Amri Rasyidi. Hb. Disalin: Banjarmasin, 14 Desember 2010.       Dikirim ke HARIAN RADAR. Juga dibacakan dalam sebuah “SARASEHAN SEJARAH” dikomplek          AL km 3.500 pada 17 Mei 2007 harlah Divisi ALRI. Dgn mediator Drs.H.Samsiar Seman.
Tag : Budaya
0 Comments for "KERATON KERAJAAN BANJARNYA DIMANA?"

Terima Kasih Atas Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No SARA]...

Back To Top